Palu, Sulawesi Tengah. Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir, serahkan piagam penghargaan inovasi daerah tahun 2023 lingkup Provinsi Sulawesi Tengah. Penyerahan piagam ini dirangkaikan dalam upacara bulanan yang wajib diikuti oleh seluruh ASN. Bertempat dilapangan Pogombo. Senin (19/02/2024).

Dalam sambutannya Ma’mun Amir menyampaikan, bahwa sebagai gambaran ditahun 2023 yang lalu, kita berhasil meraih sejumlah prestasi tingkat nasional diantaranya, pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 13,06 persen, pendapatan asli daerah mengalami kenaikan secara signifikan, realisasi investasi terbesar ketiga secara nasional dibawah Jawa Barat dan DKI Jakarta, kemiskinan ekstrem berhasil diturunkan dari 3,02 persen ditahun 2022 menjadi 1,44 persen ditahun 2023, tingkat pengangguran terbuka menurun diangka 2,95 persen ditahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya yakni 3,75 persen, serta indeks pembangunan manusia tumbuh sebesar 71,66 tahun 2023 dari 71,01 ditahun 2022.

“Untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian tersebut maka saya mengajak seluruh ASN untuk melakukan refleksi dan mengevaluasi sekaligus membenahi diri dimulai dari hal-hal kecil seperti menegakan disiplin kerja, disiplin berpakaian, dan disiplin lainnya yang telah diatur” ungkapnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’mun Amir, juga menyampaikan bahwa sebagaimana himbauan Gubernur Sulawesi Tengah yang disampaikan saat pelaksanaan Brida Award tahun 2023, menegaskan beberapa hal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui inovasi layanan antara lain yaitu perlunya penerapan “tiga inovasi untuk setiap instansi di lingkungan pemerintah provinsi sulawesi tengah”, inovasi tersebut selanjutnya diusulkan kepada Gubernur melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah untuk selanjutnya dilakukan diidentifikasi lebih lanjut.

Tidak hanya itu, dalam himbauan tersebut Gubernur juga menegaskan bahwa perlunya pimpinan perangkat daerah memberikan apresiasi terhadap ASN yang telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik melalui inovas layanan.

Pada tahun 2023 sendiri, terdapat tiga kategori dalam penilaian inovasi daerah yaitu ASN Terinovatif, Pimpinan Perangkat Daerah Terinovatif dan Perangkat Daerah Terinovatif. Adapun peraih penghargaan dari tiga kategori tersebut yaitu Kategori ASN Terinovatif diraih oleh Sultanisah, SP, M.Si selaku ASN Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Sulteng, Kategori Pimpinan Perangkat Daerah Terinovatif diraih oleh dr. I Komang Adi Sujendera, SP.PD selaku Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulteng, dan Kategori Perangkat Daerah Terinovatif diraih oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Prov. Sulteng.

“Inovasi yang telah dibuat oleh para inovator telah dinilai langsung oleh pihak Kementerian Dalam Negeri RI pada penganugrahan IGA Award tahun 2023” pungkasnya.

Sumber: PPID BRIDA Prov. Sulteng.
Foto: Humas Pemprov. Sulteng

Wakil Gubernur Serahkan Piagam Penghargaan Inovasi Daerah Tahun 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *