Jakarta. Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Sulawesi Tengah Lakukan Study Komparatif dengan Pusat Riset dan Inovasi Bappeda DKI Jakarta pada optimalisasi tugas dan fungsi mengenai informasi data riset dan inovasi yang mengarah pada sistem aplikasi terapan berbasis teknologi yang telah dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Selasa (20/12/2023).

Pertemuan yang digagas oleh Kepala Brida Prov. Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna yang di wakili oleh Agustin Tobondo, selaku sekretaris Brida menyampaikan, bahwa BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan berbagai penelitian berbasis riset dan inovasi di daerah, yang dituangkan dalam rencana induk pemajuan IPTEK pada program desaign besar Pemprov Sulawesi Tengah di tahun 2024 sesuai dengan RPJMD Gubernur Sulawesi Tengah.

Agustin Tobondo juga menjelaskan bahwa BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan launching Kampung Ristek yang dirangkaikan dengan penganugrahan Indeks Inovasi Daerah (IID) dan diikuti oleh kabupaten/kota maupun perangkat daerah lingkup Provinsi Sulawesi Tengah. Meski demikian, Agustin menganggap bahwa BRIDA Prov. Sulteng tetap perlu melakukan Study komparatif ini dengan Pihak DKI Jakarta selaku leader dalam hal riset dan inovasi.

Menanggapi hal tersebut, Handio Ajhi selaku Kepala Pusat Riset dan Inovasi Bappeda DKI Jakarta sangat menyambut baik atas kunjungan kerja yang dilakukan oleh Brida Sulteng. Handio Ajhi juga menjelaskan, bahwa Pemprov DKI jakarta melalui Pusat Riset dan Inovasi Bappeda sudah melakukan kajian Berbasis aplikasi terapan salah satu dianyaranya yaitu aplikasi JAKI (Jakarta Kini) adalah sebuah aplikasi sistem informasi layanan jasa pada masyarakat.

“Didalam APK ini terdapat fitur yang mencakup semua pelayanan mulai dari jasa kesehatan, administrasi kekependudukan, layanan pendidikan, aduan laporan masyarakat kedaruratan, tagihan pajak, transportasi, rekreasi, dan lainnya” tutur Handio Ajhi.

Selanjutnya, Handio Ajhi juga mengajak Brida Provinsi Sulawesi Tengah untuk turut berpartisipasi pada acara Jakarta Innovation Expo, dengan membawa hasil riset maupun inovasi terbaik di daerah Sulteng. Acara ini sendiri diperkirakan akan digelar pada bulan juli dengan melibatkan seluruh Bappelitbang/Brida Se-Indonesia.

Sumber: PPID BRIDA Prov. Sulteng.

Brida Prov. Sulteng Lakukan Study Komparatif dengan Pusat Riset dan Inovasi di DKI Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *