Palu, Sulawesi Tengah. Dalam rangka beri penguatan terkait Indeks Inovasi Daerah (IID), Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Riset, Inovasi dan Teknologi lakukan audiensi ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tengah. Bertempat di Ruang Kerja Kepala Dispora Prov. Sulteng. Senin (18/12/2023).

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah sukses menggelar ajang penghargaan untuk perdana kalinya yang dinamai dengan BRIDA Award. Pada ajang tersebut terdapat beberapa rangkaian kegiatan salah satunya yaitu penghargaan pada penilaian Indeks Inovasi Daerah yang diikuti oleh perangkat daerah tingkat provinsi maupun kabupaten kota se-Sulawesi Tengah. Dalam ajang tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah meraih penghargaan sebagai nominasi Perangkat Daerah Terinovatif.

Dalam audiensi tersebut, Hasim R selaku Kepala Bidang Riset, Inovasi dan Teknologi BRIDA Prov. Sulteng, menjelaskan terkait Indeks Inovasi Daerah (IID) sesuai dengan Surat Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah. Adapun pada Surat Gubernur tersebut dijelaskan bahwa setiap perangkat daerah wajib menerapkan minimal satu inovasi yang berhubungan dengan tata kelola pemerintahan, pelayanan publik serta inovasi daerah lainnya sesuai urusan pemerintahan. Selain itu juga pimpinan perangkat daerah bertanggung jawab terhadap penerapan dan berkelanjutan inovasi serta melaporkan inovasi daerah kepada Gubernur melalui Brida Provinsi Sulawesi Tengah.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Hasim juga menjelaskan terkait riset daerah. Sebagaimana yang tertera pada Surat Gubernur bahwa setiap perangkat daerah untuk melaporkan pelaksanaan riset yang akan dilakukan melalui Brida, yang nantinya akan diverifikasi untuk ditetapkan menjadi kebijakan pelaksanaan riset selanjutnya. Berbicara terkait IID sendiri, Hasim menjelaskan bahwa enam inovasi yang telah didaftarkan oleh Dispora Prov. Sulteng nantinya agar lebih diperkuat lagi dalam pengisian indikatornya, sehingga pada penilaian IID ditahun berikutnya bisa meningkatkan nilai disetiap item inovasi yang didaftarkan.

Pada kesempatan yang sama, Irvan Aryanto selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Sulawesi Tengah yang didampingi sekretaris Dispora, Alfina A. Deu beserta pejabat struktural menyambut baik audiensi tersebut. Irvan Aryanto menjelaskan bahwa dalam menciptakan sebuah inovasi tentunya setiap orang memiliki strategi dan juga metode-metode untuk memaksimalkan hasil tersebut. Nantinya, Dispora Provinsi Sulawesi Tengah sendiri akan mengusulkan inovasi sebanyak mungkin untuk mempertahankan predikat sebagai perangkat daerah terinovatif pada tahun berikutnya.

Sumber: PPID BRIDA Prov. Sulteng

Beri Penguatan Terkait IID, BRIDA Prov. Sulteng Lakukan Audiensi Ke Dispora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *