Jakarta. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Teken Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Penandatanganan tersebut dilakukan secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Dr. Yopi. Bertempat di Kantor BRIN. Jumat (17/11/2023).

Pada penandatanganan NKS ini juga dihadiri langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sadli Lesnusa, para Staf Ahli, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Prov. Sulteng Faridah Lamarauna, Sekretaris BRIDA Agustin Tobondo, serta pejabat lingkup BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura mengatakan, bahwa nota kesepakatan sinergi (NKS) merupakan dokumen pertama BRIN dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang disusun dengan tujuan mensinergikan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki oleh BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah dan BRIN guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing.

Adanya NKS tersebut juga berfungsi guna pencapaian tujuan pembangunan nasional yang meliputi penyelenggaraan kebijakan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, invensi, inovasi serta pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi; penyelenggaraan riset, inovasi dan teknologi daerah; penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, bimbingan teknis dan supervisi sosialisasi, edukasi, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan infrastruktur riset dan inovasi daerah; pemanfaatan dan fasilitasi riset dan inovasi daerah; serta penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah dan BRIN sesuai dengan kesepakatan.

“Olehnya, saya berharap ruang lingkup tersebut akan berkembang pada skema pembiayaan riset dan inovasi joint funding. Saya sangat meyakini hal ini akan mendorong kegiatan riset dan inovasi akan sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah Sulawesi Tengah” ungkap Rusdy Mastura.

Sebagai mana diketahui pada oktober 2023, Sulawesi Tengah telah dicanangkan sebagai Negeri Seribu Megalit. Yang mana pada pencanangan ini tentunya harus ditindak lanjuti melalui riset pengembangan kebudayaan di Wilayah Sulawesi Tengah, dengan harapan dapat mendorong UNESCO menetapkan kawasan megalit sebagai warisan budaya tak benda.

Selanjutnya, diakhir sambutannya Rusdy Mastura mengharapkan peran serta BRIN membawa penguatan riset dan inovasi di Sulawesi Tengah dengan menjadi katalisator riset dan inovasi daerah melalui BRIDA dengan mengembangkan kebijakan berbasis riset dan sains.

Sumber: PPID BRIDA Prov. Sulteng.

Teken NKS Dengan BRIN, Berikut Harapan Gubernur Prov. Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *