Sigi, Sulawesi Tengah – Salah satu bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dosen adalah memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PkM). Tim Abdimas Fakultas Teknik (Fatek) UNTAD beranggota Erwin Ardias, Yuli Asmi Rahman, Rudi Santoso dan Yulius Pirade memberikan pelatihan teknologi pada budidaya jamur kepada Kelompok pengusaha jamur Alsania di Kalukubula pada Sabtu, (2/9/2023)

Pelatihan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yakni, 2 September hingga 3 September 2023. Pelatihan penerapan teknologi pada budidaya jamur ini merupakan pelatihan yang dirancang agar para kelompok usaha dapat menerapkan aplikasi teknologi pengatur suhu dan kelembaban pada kumbung jamur sebagai upaya mempermudah kontrol perkembangan jamur.

Teknologi ini juga menerapkan energi ramah lingkungan karena menggunaan modul tenaga surya sebagai sumber listrik. Kegiatan pengabdian masyarkat ini dibiayai oleh DIPA Fatek 2023 sebagai bentuk dukungan Fatek dalam penyelenggaraan Tridharma PT dan juga mendukung penggunaan hasil penelitian dosen yang digunakan masyarakat sebagai capaian IKU 2.

Kegiatan ini juga melibatkan dua orang mahasiswa teknik elektro. Pelibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen memberikan dampak signifikan terhadap kesadaran mereka dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dialami masyarakat. Bentuk rasa tanggung jawab ini mereka tuangkan melalui berbagai program kegiatan di luar dari kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen.

Untuk itu, Tim Abdimas Fakultas Teknik (Fatek) UNTAD mengharapkan agar pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini dapat berguna bagi pengusaha budidaya jamur karena menggunakan teknologi tepat guna yang murah dan sederhana dapat diterapkan oleh masyarakat.

Pelatihan TTG Kontrol Suhu dan Kelembaban Pada Usaha Budidaya Jamur Tiram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *