Marawola, Sulawesi Tengah. Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, hadiri penanaman perdana kelapa genjah varietas raja di Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Selasa (30/01/2024).

Turut hadir dalam penanaman tersebut Kepala Desa Binangga, Sekretaris Camat Marawola, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kab. Sigi, Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Sulteng, Forkopimda Kab. Sigi, penyuluh pertanian, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan juga warga setempat.

Dalam laporan Kepala Dinas TPHP Kab. Sigi, Rahmad Iqbal, menjelaskan bahwa 75 persen dari luas kawasan Kabupaten Sigi merupakan kawasan hutan dan juga taman nasional, dan hanya sekitar 25 persen yang merupakan kawasan budi daya. Kawasan budi daya tersebut masuk dalam tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan pemukiman. Dari data tersebut dapat dibuktikan bahwa potensi ekonomi Kabupaten Sigi berada di sektor pertanian.

Seluas seratus tiga puluh ribu hektar lahan pertanian, berfokus pada tanaman pangan padi, jagung, kedelai dan kacang tanah. Untuk tanaman hortikultura, berfokus pada tanaman durian, alpukat, kelengkeng dan juga manggis. Hal ini sesuai dengan harapan Bupati Sigi yang nantinya hortikultura tersebut dapat menyuplai pada kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tidak hanya itu, Rahmad Iqbal, juga menjelaskan bahwa pada sektor perkebunan, Kabupaten Sigi berfokus pada tanaman kelapa, kopi, kakao, kemiri dan vanili. Luasan perkebunan kelapa sendiri berada diangka enam ribu hektar dan jauh berkurang akibat pasca bencana. Dengan demikian, budidaya kelapa genjah varietas raja menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kab. Sigi dalam pengembangan sektor perkebunan. Dengan adanya kolaborasi dalam rangka perbanyakan kelapa genjah ini, diharapkan nantinya dapat memajukan bidang pertanian yang ada di Sigi.

“Harapannya bahwa kedepannya terdapat penguatan-penguatan yang dapat ditingkatkan dalam rangka pemajuan sektor pertanian di Kab. Sigi, sebagaimana visi misi Bupati” ungkap Rahmad Iqbal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Sulteng, Simpra Ulit Tajang, memberikan apresiasi atas riset yang merupakan kolaborasi antara BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah dan BRIN karena telah menghasilkan satu varietas yaitu kelapa genjah raja yang ada di Kabupaten Sigi. Simpra Tajang juga mengharapkan kedepannya dapat berkolaborasi dengan kabupaten lain agar kelapa genjah ini dapat tersebar. Tindak lanjut dari penanaman perdana ini, Simpra Tajang mengatakan akan memantau dan berkoordinasi dengan dinas yang membidangi fungsi perkebunan Kab. Sigi.

“Kami akan mengawasi dari sisi kesehatan kelapa tersebut, dengan harapan menjadi sumber bibit kedepannya” pungkas Simpra Tajang.

Dikesempatan yang sama juga, dalam sambutan Kepala BRIDA Prov. Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, menjelaskan bahwa adanya riset kelapa genjah raja ini untuk menjadikan Sulawesi Tengah sebagai sentra dari kelapa tersebut, yang nantinya akan sebar luaskan dikabupaten-kabupaten seperti Donggala dan Parigi Moutong serta didaerah-daerah lainnya. Diakhir sambutannya juga, Faridah Lamarauna memperkenalkan riset yang tengah dilaksanakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah yaitu percepatan implementasi PLTS atap sebagai upaya pengentasan kemiskinan melalui energi baru terbarukan.

Sumber: PPID BRIDA Prov. Sulteng.

Kepala BRIDA Prov. Sulteng Hadiri Penanaman Perdana Kelapa Genjah Raja di Desa Binangga Sigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *